Inilah Alasan Kenapa Biaya Service Hp Itu Bisa Mahal.

Hp atau telephone seluler, saat ini merupakan alat komunikasi yang seolah wajib dimiliki setiap orang. Tidak perduli itu anak_anak, orang dewasa, bahkan orang tua sekalipun, semuanya membutuhkan ponsel. Demikian pentingnya ponsel dalam kehidupan manusia saat ini, seakan menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dan harus dipenuhi selain kebutuhan-kebutuhan pokok lainya. Selain dari ponsel, masih banyak juga perangkat elektonik lainnya yang juga sangat dibutuhkan manusia. Saya ambil contoh seperti, televisi, kulkas, perangkat komputer dan masih banyak perangkat elektronik lainya. akan tetapi semuanya itu tidak seperti ponsel. Ponsel nyata lebih dibutuhkan dan lebih akrab dengan manusia saat ini.

Pada zaman sekarang ini, orang apabilah televisi, atau kulkas dirumahnya rusak, dia masih santai-santi saja, masih bisa bernafas legah. Namun kalau yang rusak itu ponsel miliknya, maka dia akan panik, bingung dan sesegera mungkin dibawa ketempat service untuk diperbaiki. Sebegitu pentingnya ponsel, hingga sudah banyak sekali orang yang dibuat panik dimuka bumi ini. 😆!!

Biaya Service Hp
Pranaja Service Hp

Pada artikel kali ini sengaja saya memberikan sedikit gambaran kepada teman-teman yang selalu bertanya kenapa biaya service hp itu bisa mahal. Tulisan ini saya buat, karena banyak sekali pertanyaan yang muncul dimedia sosial baik facebook maupun group whatsapp. Dan pertanyaan itu biasanya datang dari user yang baru mau melakukan perbaikan ponsel atau setelah melakukan perbaikan ponsel miliknya. 

User yang baru mau melakukan perbaikan ponsel, biasanya dia ingin membandingkan harga service antara konter satu dengan yang lainnya. Namun apabila pertanyaan itu muncul setelah melakukan perbaikan, maka user merasa biaya service kemahalan dan menyesal telah memperbaiki ponselnya pada teknisi atau konter hp tertentu.

Hal semacam ini kadang menjadi topik perdebatan antara para teknisi ponsel dan user di media sosial, sebab keduanya bergabung dalam satu group, dan masing-masing saling mempertahankan egonya sendiri-sendiri. Lalu siapa sih yang salah dalam hal ini?, Kalau menurut kalian siapa sebenarnya yang salah?. kalau saya pribada berpendapat bahwa diantara keduanya tidak ada yang salah. Yang salah menurut saya adalah karena keadaan ekonomi kita yang semakin hari semakin memprihatinkan saat ini. Harga kebutuhan pokok dari waktu-kewaktu beranjak naik, demikian juga dengan harga kebutuhan lainya, seperti harga sparepart ponsel misalnya.

Seorang teknisi ponsel bekerja karena kewajibannya untuk menafkahi keluarganya. Nah ditengah naiknya harga spare part ponsel, maka dia juga berfikir, bagaimana caranya supaya bisa dapat untung sedikit agar usahanya tetap bertahan dan dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga. Demikian sebaliknya dengan user, karena harga kebutuhan pokok semua pada naik, makanya user juga berfikir, bagaimana agar bisa sehemat mungkin supaya kebutuhan lainya untuk keluarga dapat terpenuhi. Ujung-ujung semuanya lari pada kebutuhan keluarga. Karena memang keluarga adalah yang utama.

Artikel kali ini sedikit saya kasih gambaran buat teman-teman, alasan kenapa sampai biaya service hp itu bisa mahal. Tentunya pendapat saya belum tentu sama dengan pendapat teman-teman, sebab setiap kepala pasti berbeda pemikiran. Disini, diartikel ini, saya akan ulas sesuai dengan pendapat saya pribadi, silahkan teman-teman berpendapat sesuai dengan pemikiran masing-masing. Ok, kita lanjut ketopik.

Alasan Kenapa Biaya Service Hp Itu Bisa Mahal.

Pada postingan ini sedikit saya gambarkan beberapa alasan mendasar, seorang teknisi ponsel menarik harga lebih pada saat memperbaiki ponsel user. Alasan ini saya tulis berdasarkan pengelaman saya dan apa yang saya rasakan selama menjadi seorang teknisi ponsel. Mungkin teman teknisi yang lain juga merasakan hal yang sama. Silahkan nanti coret-coret dikolom komentar dibawah yah.

1. Harga SparePart Mahal.

Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa harga sparepart ponsel mahal, betul memang kenyataannya demikian. Saya kasih contoh Lcd ponsel misalnya, kalau kita lihat harga di online store seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada itu semuanya bervariasi. Tergantung kwalitasnya. Ada yang harganya murah tapi kuwalitasnya kurang bagus, ada yang harganya pas-pasan artinya antara murah dan mahal, dan aja juga yang harganya mahal, dan yang mahal itulah yang bagus. Jadi teorinya bahwa, ada harga ada rupah. Nah kebanyakan user mintanya yang bagus, nah kalau minta yang bagus pastinya itu mahal. 

Lalu user ada yang bilang, harga Lcd di online store itu murah-murah kok, iya betul murah. Murah itu sudah pasti tidak bagus, dan tidak enak saat dipake. Seorang teknisi ponsel sangat menjaga nama baik tempat usahanya, oleh karena itu dia berusaha memberikan service yang terbaik bagi pelanggannya dengan harapan pelangganya akan balik lagi ketempat servicenya dengan kerusakan yang lain.

Untuk lebih jelasnya bahwa harga Lcd dan sparepart ponsel lainnya di online store bervariasi, antara toko yang satu dengan yang lain, Belum lagi ditambah ongkos kirim di setiap daerah itu berbeda. Jadi kesimpulanya bahwa mahal atau tidaknya biaya service hp, tergantung dimana tempat anda service. Tidak mungkin biaya service hp di Papua atau Maluku sama dengan biaya service hp di Jawa. 

2. Peralatan Service Hp Mahal.

Menjadi seorang teknisi ponsel itu tidak sama seperti teknisi sepeda motor. Kalau seorang teknisi sepeda motor, apabila user datang membawa sepeda motornya yang mati atau mogok, maka dia langsung mendiagnosa kerusakan tersebut, paling tidak busi mati atau karburator kotor hingga minyak mengalir tidak lancar, dan hanya dengan modal obeng dan kunci dia bisa mengatasi masalah tersebut. 

Lain halnya dengan teknisi ponsel, kalau ada user datang membawa ponsel dalam keadaan mati, maka dia harus mendiagnosa, mati karena software yang bermasalah, ataukah mati karena kerusakan hardware.  Dan untuk mendeteksi kerusakan tersebut minimal teknisi ponsel wajib mempunyai perangkat komputer dan tools pendukung lainya seperti power suplay dan lain sebagainya. Belum lagi jika setelah mendignosa ternyata di ketemukan kerusakan hardware maka untuk urusan ini seorang teknisi ponsel membutukan alat pendukung untuk memperbaikinya seperti microscope, blower, dan tentunya skema untuk menelusuri jalur-jalur mana saja yang rusak, dan alat seperti ini tidak murah harganya. 

Saya kasih contoh microscope misalnya, untuk paket lengkap beserta camera dan monitor harganya saat ini di online store dikisaran 7-8 jutaan. Belum lagi ditambah box flasher seperti Ufi, Easy Jtag, atau Mipi, itu harganya gila-gilaan. bisa buat beli sepeda motor. Jadi sangatlah wajar kalau biaya service hp itu mahal. Teman-teman user perlu tau bahwa untuk mendapatkan peralatan tersebut diatas, tak jarang banyak teknisi yang berhutang. Jadi kalau harga service itu mahal ya tolong dimaklumi, karena peralatan yang dibutuhkan untuk service hp itu juga harganya mahal-mahal.

3. Resiko Service.

Untuk poin yang ini saya pikir jadi salah satu penyebab utama kenapa biaya service hp itu bisa mahal. Saya katakan seperti ini karena saya sendiri merasakannya. Menjadi seorang teknisi ponsel itu tanggung jawabnya berat karena kita memperbaiki barang milik orang lain jadi perlu kehati-hatian. Harus benar-benar teliti sebelum dan pada saat melakukan perbaikan. Karena jika salah bisa berakibat fatal.

Disini saya kasih contoh: 
Seorang user datang membawa ponsel miliknya dan ponsel tersebut masih hidup dan normal, cuman permasalahan hanya pada camera saja yang tidak bisa dibuka, dan user minta untuk diperbaiki kameranya. Setelah melakukan pengecekan dan analisa, ternyata jalur camera berhubungan langsung dengan Cpu. dan untuk melakukan eksekusi dibagian cpu harus berhati-hati, jika teledor bisa berakibat fatal, ponsel bisa mati. Namun siteknisi berani mengambil resiko dan bertekad untuk melakukan rebal atau cetak ulang cpu, dan apa yang dilakukan siteknisi berhasil dengan baik. Camera ponsel sudah bisa dibuka dan berfungsi kembali sesuai dengan keinginan user. Lalu datang user yang punya bertanya.
User : Hp saya sudah selesai pak?
Teknisi : Sudah Pak!. Penuh dengan kebahagiaan, kan sebentar lagi dapat uang!!
User : Berapa harganya pak?
Teknisi : 400.000 pak?
User : Kok mahal bener pak, padahalkan cuman perbaikin kamera.

Nah, diatas itu adalah contoh user yang tidak tau resiko dari service ponsel itu sendiri. Jika teknisi pada saat melakukan perbaikan dan terjadi kesalahan, maka akibatnya ponsel bisa jadi mati total. Apa mau ponselnya dibalikin dalam keadaan mati? tentunyakan tidak. Semua teknisi selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Percaya atau tidak, karena teknisi selalu menjaga nama baik tempat usahanya, sebab tempat usaha tersebut yang mendatangkan rejeki buat dirinya dan keluarganya. Makanya pada saat service, mereka selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi setiap kasus atau kerusakan yang terjadi pada ponsel milik user.

Untuk kasus salah eksekusi, dan ponsel jadi mati total itu sudah banyak sekali terjadi. Dan tak jarang, sudah banyak sekali teknisi yang nombok atau mengganti ponsel milik user. Jadi kalau biaya service ponsel itu mahal tolonglah agar bisa dimengerti, karena resiko para teknisi ponsel itu sangat besar. Memperbaiki barang milik orang lain itu tidak sama dengan memperbaiki barang milik sendiri, bebannya itu sangat berbeda. 

Sampai disini mungkin teman-teman sudah bisa mengerti alasan kenapa hingga biaya service hp itu mahal. Kadang suatu hal yang berat bisa jadi murah, dan kadang juga suatu hal yang ringan bisa jadi mahal, tergantung cara penyelesaiannya.

Pesan Buat Abang Teknisi : "Tetap semangat, tetap bersabar, dan ingat untuk selalu berhati-hati, karena hari nombok itu tidak pernah ada dalam kalender.

Baca Juga :  Peralatan Service Hp Untuk Teknisi Pemula.

Cukup sampai disini artikel kali ini, mudah-mudahan apa yang ada dalam artikel ini, bisa jadi pencerahan buat kita semua dalam menyikapi persoalan ini. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya. Salam..🙏

Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Inilah Alasan Kenapa Biaya Service Hp Itu Bisa Mahal."