Peralatan Service Hp Untuk Teknisi Pemula.

Pada zaman sekarang ini perkembangan teknologi komunikasi dan informatika semakain maju dan meningkat. Kebutuhan seorang akan informasi dari internet sangat tinggi, ini dikarenakan semakin banyak atau hampir seluruh instansi atau marketplace menggunakan internet sebagai wadah untuk mengembangkan usaha. Orang jualan, orang pesan makanan, orang daftar kuliah bahkan absen dikantor juga menggunakan internet. Begitu pentingnya internet sehingga hampir semua orang membutuhkannya, namun dibalik semua itu, kebutuhan internet tidak akan bisa terpenuhi tanpa dukungan sebuah perangkat untuk mengaksesnya. 

Pada zaman dulu, internet hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu yang memiliki perangkat komputer, namun sekarang internet bebas di akses oleh siapa saja, asalkan memiliki sebuah ponsel, sudah bisa mengakses internet. Produsen smartphone sadar betul akan situasi seperti ini, sehingga mereka semakin gencar untuk merilis ponsel-ponsel handal besutannya. Alhasil, hampir semua masyarakat diseluruh dunia menggunakan smartphone, mulai dari orang tua, anak-anak sampai orang dewasa. 

Semakin banyak pengguna smartphone atau ponsel, akan membuka peluang usaha baru bagi para teknisi. Ini terbukti semakin banyaknya tempat kursus yang dibangun untuk melatih teknisi-teknisi pemula agar bisa mengembangkan usaha di bidang service handphone khususnya. Namun Perlu juga diketahui bahwa, untuk menjadi seorang teknisi ponsel, tidak selamanya harus menimbah ilmu pada tempat kursus tertentu. Tetapi banyak juga yang menjadi tukang service tetapi proses belajarnya secara otodidak, karena tutorial untuk menyelesaikan kasus pada ponsel tertentu, sudah banyak sekali dibagikan oleh teknisi senior di internet. Jadi siapa saja boleh belajar, asalkan punya kemauan dan keinginan ke arah  tersebut.

Alat Service Hp.
Gambar Milik Pribadi

Nah di post kali ini saya akan memberikan sedikit review tentang alat-alat yang dibutuhkan oleh teknisi pemula pada saat ingin memulai usaha di bidang service ponsel. Semua yang saya tulis dalam artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, pada saat terjun kedunia service hp. sekiranya bisa jadi rujukan buat teman-teman  yang punya niat kearah sini.

Peralatan Service Hp Yang Wajib Untuk Teknisi Pemula.

Untuk membangun sebuah bengkel service hp, banyak sekali peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari yang paling murah harganya sampai yang paling mahal sekalipun ada. Tetapi karena ini untuk teknisi pemula, maka kita review yang paling dibutuhkan saja. Yang lainnya nanti nyusul dengan sendirinya setelah teman-teman melakukan service. Oke, kita langsung saja mulai dari yang paling kecil.

➦ Obeng.
Untuk obeng usahakan beli yang bagus, karena obeng ini akan selalu menemani kita saat bekerja. Hindari untuk membeli obeng set, karena banyak yang tidak digunakan dan akan hilang dengan sia-sia. Karena untuk service hp, kita hanya membutuhkan satu atau dua buah saja. Carilah yang benar-benar dibutuhkan.

➦ Pinset.
Untuk pinset cari juga yang bagus, tidak mahal juga tidak apa-apa, yang penting bagus. Di online store banyak sekali toko yang menjualnya, jadi pilih yang bagus. Belilah pinset yang bermata lurus dan bengkok karena keduanya sangat di perlukan.

➦ Opening Tools/Alat Pembuka Lcd Dan Lain-lain.
Di online store banyak sekali yang jual dengan berbagai macam tipe, jadi carilah sesuai dengan keinginan masing-masing. Intinya bagus, agar lama dipakai.

➦ Solder, Timah Gulung, Timah Pasta Dan Goot Wick.
Ada berbagai macam merek solder yang ada dipasaran, tetapi belilah sesuai dengan kebutuhan. Jangan paksakan untuk beli solder station, karena harganya lumayan mahal. Tapi jika punya modal lebih, sekalian beli juga tidak masalah. Antara solder station dan solder biasa kegunaanya sama, namun pada solder station terdapat pengaturan suhu. Untuk timah gulung, timah pasta dan goot wick, pilih saja sesuai keinginan.

➦ Flux Paste.
Untuk flux carilah yang bagus, karena akan lebih memudahkan teman-teman dalam melakukan copot pasang komponen. 

➦ Loop/Kaca Pembesar.
Karena yang akan di service teman-teman adalah sebuah ponsel, maka harus menggunakan kaca pembesar. Sebab mata teman-teman tidak akan mampu melihat lama pada komponen ponsel yang sangat kecil. Alangkah baiknya jika beli microscope, namun apabila dana belum mencukupi, maka gunakan kaca pembesarpun tidak masalah.

➦ Multi Tester/Avo Meter.
Avo meter fungsinya untuk mengukur jalur atau mengetahui nilai hambatan sebuah komponen, jadi usahakan cari yang bagus. Karena alat ini akan selalu teman-teman gunakan untuk mendeteksi kerusakan. Carilah yang bagus, dan yang bagus biasanya lumayan mahal.

➦ Blower/Solder Uap.
Karena kita baru mulai rintis usaha di bidang service ponsel, maka carilah blower yang harganya ramah di kantong. Tapi jika punya modal lebih cari yang mahal lebih bagus. Karena harga blower ada yang mencapai jutaan rupiah.

➦ Power Supply.
Alat ini sangat besar fungsinya dalam melakukan perbaikan ponsel, jadi teman-harus punya. Sama seperti solder uap, power supply juga harganya ada yang mencapai jutaan rupiah, jadi bijaklah dalam memilih. saran saya, sebaiknya belilah yang ukuran lima ampere.

➦ Dongel/Software Berbayar.
Banyak sekali sofware yang dibagikan secara gratis di internet, tapi jika teman-teman serius untuk menjalankan usaha dibidang service hp, saran saya agar sebaiknya beli atau langganan saja sofware berbayar. karena akan lebih memudahkan teman-teman dalam service. Pakai yang gratis juga tidak masalah, tetapi lebih merepotkan kita.

➦ Perangkat Komputer/Laptop.
Kerusakan pada sebuah ponsel bukan pada hardware saja, tetapi kerusakan juga bisa terjadi pada software. Teknisi ponsel wajib hukumnya memiliki pc/laptop.

Diatas itu adalah beberapa peralatan service yang wajib ada apabila teman-teman ingin mengembangkan usaha di bidang service hp. Sebenarnya bukan cuma itu saja, masih banyak alat-alat lainya. Tetapi untuk pemula saya pikir, alat yang saya sebut diatas sudah bisa dijadikan untuk modal usaha. Nanti setelah teman-teman kalau sudah jalan usahanya, maka dengan sendirinya teman-teman merasa perlu untuk membeli alat yang lain. Cukup sampai disini dulu artikel kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. Sampai jumpa diartikel berikutnya...🙏.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Peralatan Service Hp Untuk Teknisi Pemula."