TIPS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK ROOT ANDROID

Seiring dengan kemajuan teknologi dunia informatika dan telekomunikasi, para vendor smartphone di dunia, berlomba-lomba untuk menciptakan smartphone berbasis android. Dan tak lupa, smartphone tersebut di bekali dengan fitur-fitur canggih di dalamnya, demi memenuhi permintaan pasar smartphone di dunia termasuk di indonesia ini. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa smartphone pada zaman sekarang ini merupakan sebuah benda yang wajib di miliki oleh setiap orang. Seakan-akan sudah menjadi sebuah kebutuhan primer di samping sandang, pangan dan papan.

Kenapa sampai saya katakan demikian? Karena memang seperti itulah kenyataannya saat ini. Sebab smartphone dengan segudang fitur canggih, memungkinkan siapa saja untuk melakukan banyak hal dengannya. Selain dari fungsi dasarnya yang hanya sebagai alat komunikasi biasa, kini smartphone telah di kembangkan sebagai alat untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari, seperti bisnis online, transaksi-transaksi perbankan dan lain-lain. Bahkan ada juga nih, yang hanya bermodalkan sebuah smartphone tetapi dapat menciptakan sebuah aplikasi android seperti game dan lain sebagainya. Hebatkan..?

Namun betapapun hebat dan canggihnya sebuah smarphone, masih saja ada user-user android yang merasa kurang puas dengan fitur yang ada di dalam smartphone tersebut. Ini terbukti dengan begitu banyaknya user android yang melakukan root pada androidnya. Dan itu memang benar, apa yang dilakukan tersebut tidak ada salahnya. Sebab sebuah smartphone apabila telah di root, maka performanya akan semakin meningkat. Dan tentunya bukan cuman itu saja, masih banyak keuntungan lainnya yang bisa di dapat.
Tips Sebelum Root Android
Gambar Ilustrasi
Jika anda tertarik untuk melakukan root, maka di bawah ini sedikit saya jelaskan tentang keuntungan dan kerugian melakukan root serta sebuah "Tips Sebelum Memutuskan Untuk Root," agar anda dapat mengambil sebuah kesimpulan serta menentukan sebuah keputusan yang tepat sebelum melakukan root pada android kesayangan anda.

Apa Itu Root Android?

Sebelum kita memutuskan untuk melakukan Root terhadap android kesayang kita tentunya kita harus tau, Apa itu root android, Apa kelebihan melakukan root android dan Apa kekurangan atau kerugiannya kalau kita melakukan root android. Root itu apa ya…?. Kadang pertanyan sepertu itu muncul dalam benak kita setelah kita tau atau mendengar istilah root entah dari teman kita atau lewat browsing ke internet. Maka di sini, saya coba untuk menjelaskannya sedikit tentang pengertian dari root android sesuai dengan pangalaman saya.

Root adalah suatu tindakan dimana kita membuka pintu dari suatu system android yang sebelumnya di tutup oleh vendor pembuat smartphone, agar kita dapat memiliki akses penuh tehadap system yang ada pada smartphone tersebut. Sehinga kita bebas membongkar, memodifikasi, mengganti bahkan menghancurkan system yang ada di dalam smartphone itu sesuai kehendak dan keinginan kita. Sampai di sini, saya kira anda sudah tau tentang maksud dan pengertian dari root itu sebenarnya.

Nah sekarang timbul sebuah pertanyaan baru. Biasanya pertanyaanya seperti ini : " Apa sih keuntungan root?". Maka di bawah ini saya coba jelaskan juga keuntungan-keuntungan root, agar anda lebih tau tentang manfaat root yang sebenarnya, supaya anda tidak keliru dalam mengambil keputusan untuk melakukan root terhadap android kesayangan anda.

Keuntungan Melakukan Root
1. Dapat membuang atau menghapus aplikasi sampah atau biasa di kenal dengan nama Bloatware yang telah di tanam oleh vendor smartphone.

Jadi begini, pada saat kita membeli sebuah smartphone, di dalamnya sudah terdapat berbagai macam aplikasi. Kadang aplikasi-aplikasi itu memang sangat kita butuhkan tetapi ada juga yang memang kita tidak pernah menggunakannya sama sekali, tetapi kita tidak bisa menghapusnya. Nah untuk dapat menghapus, itu kita harus root smartphone kita. Agar kita bisa masuk ke dalam system smartphone dan menghapusnya. Sebab sebagian besar dari aplikasi tersebut, tertanam langsung dalam system smartphone

2. Dapat menghemat pemakaian daya batrei smartphone.

Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone android dengan segudang fitur canggihnya sangat membutuhkan suplay daya yang besar, sehingga kadang kita merasakan batrei smartphone android lekas habis atau cepat terkuras, karena banyaknya aplikasi yang berjalan di backround tanpa kita sadari. Untuk menghindari ini, maka kita bisa memanfaatkan sebuah aplikasi pihak ke tiga yaitu Greenify dan aplikasi ini akan berjalan dengan baik jika android anda sudah diroot.

3. Bebas memindahkan aplikasi ke microSD.

Setiap pengguna smartphone, pasti tidak perna lepas dari aktivitas download. Dan yang namanya download ini hampir setiap saat kita lakukan. Tetapi apakah kita sadar bahwa, dengan seringnya kita melakukan download, maka akan menambah sesak ruang penyimpanan yang ada di smartphone kita. Untuk itu, maka kita perlu memidahkan beberapa aplikasi kedalam microSD atau penyimpanan eksternal agar ruang yang ada di penyimpanan internal smartphone tidak sesak.

Namun terkadang tidak semua aplikasi dapat dengan muda kita pindahkan ke microSD. Untuk itu maka kita bisa menggunakan bantuan dari sebuah aplikasi pihak ketiga yaitu: Link2SD, agar kita bebas memindahkan aplikasi sesuka kita termasuk aplikasi system. Namun untuk menggunakan aplikasi ini, maka android kita butuh di root dulu. Sebab aplikasi ini dapat berjalan maksimal jika android telah di root.

4. Bebas melakukan customisasi terhadap system UI

Apakah anda perna merasah bosan dengan tampilan smartphone anda yang itu-itu saja? Semua orang saya yakin pasti memiliki rasa jenuh bosan terhadap apa yang dia miliki, termasuk salah satunya smartphone ini. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka kita perlu melakukan modifikasi terhadap tampilan smartphone kita agar kita tidak bosan dengannya. Caranya yaitu dengan memanfaatkan sebuah aplikasi pihak ketiga yaitu Xposed Installer. Dengan aplikasi ini, kita dapat melakukan banyak hal terhadap android kita. Termasuk membuat transparan tampilan system UI yang ada di smartphone. Tetapi syaratnya android anda harus di root dulu.

5. Dapat memblokir iklan/trojan

Kadangkala kita merasa kesal, di saat sedang asyik browsing di internet, tiba-tiba muncul sebuah popup iklan yang memaksa kita untuk menginstal sebuah aplikasi tertentu, dan yang paling menyebalkan adalah, kadang aplikasi tersebut melakukan download dengan sendirinya. Kalau anda perna mengalami hal ini maka saya yakin anda pasti sangat kesal dan emosi. Untuk dapat memblokir itu, kita dapat memasang aplikasi AdBlock, AdAway, Minmin Guard, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi itu semua butuh root.

6. Dapat mengatur tingkat kecerahan layar ke level paling rendah.

Nah ini  salah satu yang paling saya sukai, kenapa? Karna saya tipikal orang yang senang browsing dan membaca melalui smartphone, kadang mata kita terasa lelah apalagi kita membaca pada malam hari. Nah bagaimana kalau smartphone kita sudah kita atur kelevel paling redup, namun terasa masih tetap terang?. Maka kasus seperti ini harus segera kita atasi, sebab kalau ini terus kita biarkan pasti akan berdampak pada kesehatan mata kita. Untuk mengakalinya agar menjadi redup yaitu dengan memanfaatkan aplikasi gravitybox, dan aplikasi ini membutuhkan akses root.

7. Mengganti stock rom dengan custom rom.

Semua orang pasti menginginkan sebuah smartphone yang menarik di lihat dan smooth di gunakan. Pada saat kita membeli sebuah smartphone baru tampak kinerjanya sangat smooth dan enak dilihat. Namun seiring dengan berjalannya waktu smartphone yang kita gunakan semakin lambat performanya dan kita mulai bosan dengan tampilannya yang itu-itu saja. Untuk itu solusinya bisa di atasi dengan mengganti ke custom rom, agar kinerjanya semakin meningkat seperti baru lagi. Nah untuk melakukan semua itu kita harus root dulu smartphone kita.

Nah itulah keuntungan kita melakukan root terhadap smartphone android, namun  dibalik keuntungan itu tentunya ada kekurangannya juga. Berikut ini saya kasih review tentang kekurangan atau kelemahan android root.

Kerugian Atau Kekurangan Root
1. Garansi smarthphone akan hilang.

Semua vendor smartphone tentunya tidak ingin supaya kita melakukan root pada smartphone kita. Karena, di samping hilangnya garansi, root juga dapat mengakibatkan terjadinya crash pada syestem hingga smartphone berjalan jadi tidak stabil. Untuk masalah garansi, kita bisa mengakalinya dengan flash ulang ke stock rom, baru bisa dibawah ke service center maka garansi akan berlaku lagi.

Di atas itu adalah sebagian kecil keuntungan dan kerugian apabila kita melakukan root terhadap smartphone. Setelah kita tau keuntungan dan kekurangan dari root android, maka sekarang kita perlu tau tentang "Tips Sebelum Memutuskan Untuk Root Android". Nah, memang inilah topik postingan sebenarnya. Maka dari itu simaklah dengan baik, agar anda tidak menyesal setelah melakukan root.

Tips Sebelum Memutuskan Untuk Root Android.

Di bawah ini akan saya coba berikan beberapa tips penting yang harus anda perhatikan sebelum anda mengambil keputusan untuk melakukan root terhadap android anda. Dan tips ini menurut saya harus anda ikuti dan pahami dengan baik. Karena jika anda sudah mengerti betul dengan ini maka, saya yakin bahwa smartphone anda bebas dari resiko crash, bootloop, dan lain sebagainnya. Tips-tips yang saya maksud di sini antara lain:

1. Harus tau keuntungan dan kerugian root android (diatas sudah di jabarkan )

2. Manfaatkan mesin telusur google untuk mencari tau tentang spec smartphone anda. Ini di maksud agar, apabila anda telah sukses melakakukan root dan pingin menginstal atau memflash sebuah file, maka anda perlu mencari file yang benar-benar sesuai dengan spec smarphone anda. Agar dapat terhindar dari resiko bootloop.

3. Sebelum melakukan root, sebaiknya cari tau dulu cara root smartphone yang sesuai dengan yang anda gunakan saat ini. Cek juga apakah bootloadernya di lock apa tidak, Apakah ada custom rom yang cocok dengan smartphone anda setelah root nanti. Dan jangan lupa cek juga adakah TWRP/CWM yang di buat untuk smartphone anda.

4. Usahakan untuk bergabung di forum-forum yang membahas tentang smartphone anda. Misalkan facebook, kaskus dan lain sebagainya. Jika anda tidak tau alamat group tersebut, maka gunakan mesin telusur google, untuk mencari tau alamat dari forum-forum tersebut.

5. Anda harus tau cara flashing dengan Sp flash tool. Jika belum tau, maka usahakan untuk belajar dan cari tau tentang cara flash smartphone. Ini sangat penting sebab apabila suatu saat terjadi error atau brick pada smartphone anda, maka anda tidak akan panik lagi. Tinggal flash ulang dan smartphone akan normal kembali.

Nah itulah beberapa tips yang dapat saya berikan buat anda, sebagai acuan sebelum memutuskan Untuk root android  kesayangan anda. Segala yang saya paparkan ini, merupakan pengalaman saya sendiri selama menggunakan smartphone android. Apakah setelah anda membaca postingan dan akan segera melakukan root terhadap smartphone anda? Itu semua terserah anda. Pikirkan baik-baik agar tidak menyesal kemudian. Akhirnya sampai disini dulu postingan saya kali ini, mudah-mudahan bermanfaat buat anda. Silahkan berikan tanggapan anda lewat kolom komentar di bawah ini. Dan jangan lupa untuk like dan share, jika postingan ini bermanfaat.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

2 komentar untuk "TIPS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK ROOT ANDROID"

Comment Author Avatar
Halo Sobat, dgn siapa saya bicara, kenalan nanti saja. Sya orang tua 60 th lebih. Dulu biasa ngeriot, 10 kali berhasil nheroit sejak Samsung ACE, Nokia N95 , Sony ecperia, Samsung G530 H. Dulu menggunakan frama root, kingroot, kingo root mudah, kenapa sekarang sulit tidak bisa tuntas sampai root 100%.
Mohon tànya urut2an yang harus dikerjakan. Mulai kingroot, link2sd, busybox (gak tau fungsinya?), ap2sd (untuk parrisi mmc) saya dulu urutannya ngawur tapi fajtanya bisa. Sekatang kok ribet dan macet.
T3rima kasih uraiannya.
Comment Author Avatar
Sekarang ngeroot harus menggunakan PC, sebab rata-rata android sekarang bootloadernya di kunci. Dan untuk melakukan root langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuka bootloader terlebih dahulu.

👉 Berkomentarlah Dengan Sopan Serta Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas.

👉 Komentar Yang Menyertakan Link Aktif Akan Otomatis Terhapus Karena terdeteksi Sebagai Spammer!