[Fix 4G] Mengatasi Sinyal Mentok EDGE Di Redmi Note 8 Ginkgo

Redmi note 8/Ginkgo adalah ponsel yang baru-baru ini di rilis oleh produsen smartphone asal Tiongkok dalam hal ini Xiaomi. Ponsel ini terbilang cukup laris manis di pasaran smartphone Indonesia. Karena harganya terbilang murah dengan spesifikasi yang lumayan, membuat ponsel ini banyak di buruh oleh para penggemar smartphone khususnya fansboy. Ini terbukti dengan beberapa kali melakukan flash dibeberapa online store, stocknya selalu habis dalam beberapa menit saja. Saya sendiri adalah salah satu pengguna ponsel ini, dan itu saya dapatkan setelah mengikuti flash sale di Lazada.

Ada beberapa isu atau permasalahan yang berkembang belakangan ini terkait dengan ponsel Xiaomi Redmi Note 8. Masalah tersebut diantaranya yaitu isu layar yang mudah burn in, serta daya tangkap sinyal yang lemah. Dan masalah sinyal lemah ini saya sendiri juga mengalaminya. Mulai dari pertama  kali saya menggunakan ponsel ini, saya perhatikan bahwa sinyal yang muncul pertama kali adalah sinyal EDGE saja, lama-lama baru bisa muncul sinyal 4G. Bolak balik melakukan pengaturan APN serta dial ke *#*#4636#*#* dan melakukan pengaturan di informasi ponsel juga tidak bisa, pada halnya di tempat saya jaringan 4G cukup kuat. Waduh..hampir putus asa, mengingat ponsel ini masih tergolong baru.

pada akhirnya saya mengambil keputusan untuk install TWRP dan melakukan root serta mengganti stock rom dengan custom rom, dengan harapan agar bisa memperoleh sinyal yang lebih baik. Bolak-balik ganti custom rom juga hasilnya tetap sama. Akhirnya saya berpikir untuk melakukan restore file qcn stock  dari Redmi Note 8. Dan Alhamdulillah ternyata apa yang saya lakukan sukses untuk mengembalikan jaringan 4G di android saya. Cara ini saya pikir bukan hanya untuk Redmi Note 8 saja, tetapi bisa juga untuk ponsel Xiaomi seri lainya. Jadi silahkan teman-teman boleh mencoba jika mengalami masalah seperti ini. Untuk cara melakukan restore file qcn silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengembalikan sinyal 4G di Redmi Note 8 (Ginkgo).

Sebelum melakukan, pastikan bahwa android yang anda gunakan sudah dalam keadaan root. Karena untuk masuk ke diag mode Redmi Note 8 tidak bisa menggunakan dial pad seperti *#*#717717#*#* atau lain sebagainya. Jadi androidnya harus di root terlebih dahulu. Jika sudah berarti langsung saja siapkan bahannya di bawah ini.

1. PC/Laptop
2. Kabel USB
3. Redmi_Note_8_Stock_QCN
4. QDLoader_HS-USB_Driver_32-64bit_Setup
5. QPST_2.7.474
6. Minimal_ADB_Fastboot

▪️ Setelah download, extrac semua bahan tadi ke ke PC atau laptop anda, dan lakukan install driver HS USB QDLoader, QPST, dan Minimal Adb Fastboot. Untuk driver HS-USB QDLoader, install sesuai dengan windows yang anda gunakan.

▪️ Aktifkan USB Debbuging dan OEM Unlock di Devloper Option. Untuk mengaktifkan menu Devloper Option masuk ke pengaturan ponsel pilih Tentang Ponsel ➡️ Versi MIUI lalu tap beberapa kali sampai muncul notifikasi anda adalah seorang pengembang. Silahkan buka menu setelan tambahan maka anda akan melihat menu Devloper Option.

▪️ Hubungkan ponsel ke PC lalu buka Minimal ADB yang sudah anda install tadi lalu ketik command di bawah ini :
adb devices[Enter]
adb shell [Enter]
su [Enter]
setprop sys.usb.config diag,adb [Enter]
 Lihat Gambar:

Fix 4G, Mengatasi Sinyal Mentok EDGE Redmi Note 8.
Sinyal Mentok EDGE

Setelah ketik command diatas otomatis ponsel akan masuk ke diag mode. Silahkan buka Devices Manager dan pastikan ponsel anda terbaca seperti gambar di bawah ini.

Fix 4G, Mengatasi Sinyal Mentok EDGE Redmi Note 8.
Sinyal Mentok EDGE

Note: Anda bisa juga menggunakan Aplikasi Terminal Emulator untuk masuk ke diag mode langsung dari ponsel. Untuk caranya yaitu:

▪️ Download dan install aplikasi Terminal Emulator lalu buka aplikasi tersebut, dan ketikan seperti contoh dibawah ini.
su [Enter]
setprop sys.usb.config diag,adb [Enter]
Setelah ponsel berada pada diag mode, sekarang tahapan untuk untuk melakukan restore file qcn. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

▪️ Klik Star pada windows anda lalu pilih All Program. Scroll dan cari QPST lalu pilih QFil. Setelah terbuka menu pada QFil maka otomatis akan terbaca driver ponsel anda Qualcomm  HS-USB Android DIAG 901D.

▪️ Berikan centang pada Meta Build lalu klik menu Tools pada bagian atas maka akan muncul menu untuk melakukan backup dan restore file qcn.

▪️ Silahkan pilih menu restore file qcn lalu klik browse dan arahkan pada file qcn stock Redmi Note 8 yang telah anda extrac tadi lalu klik Open.

▪️ Langkah terakhir silahkan klik Restore. Maka proses restore akan berjalan. Tunggu sampai restore selesai lalu lakukan reboot atau nyalahkan ulang ponsel anda. Perhatikan sinyal yang muncul di status bar ponsel anda, jika berhasil maka sinyal 4G yang hilang akan kembali semula.

Fix 4G, Mengatasi Sinyal Mentok EDGE Redmi Note 8.
Sinyal Mentok EDGE

Demikianlah tutorial singkat tentang Cara Mengatasi Sinyal Mentok EDGE Di Redmi Note 8 Ginkgo. Apabila anda telah mengikuti tutorial diatas dan berhasil dengan baik, namun sinyal masih tetap mentok Edge, atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali, maka dapat dipastikan bahwa, IC sinyal atau IC SDR yang ada pada Redmi Note 8 milik anda lemah atau rusak. 

Silahkan dibawa hpnya ke kang service untuk dilakukan pergantian IC SDR. Ada beberapa kasus di hp Redmi Note 8 ini, walaupun sudah diganti IC SDRnya kadang cuman beberapa minggu akan kumat lagi. Jadi solusi terakhir sebaiknya Suruh kang service lakukan rebal CPU terlebih dahulu, sebelum mengganti IC SDR. 

Cukup sampai disini artikel kali ini, muda-mudahan bermanfaat...🙏
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

3 komentar untuk "[Fix 4G] Mengatasi Sinyal Mentok EDGE Di Redmi Note 8 Ginkgo"

Comment Author Avatar
permission denied terus kak, bagaimana cara mengatasinya
Comment Author Avatar
Saat masuk diag mode atau gimana gan?

👉 Berkomentarlah Dengan Sopan Serta Sesuai Dengan Topik Yang Dibahas.

👉 Komentar Yang Menyertakan Link Aktif Akan Otomatis Terhapus Karena terdeteksi Sebagai Spammer!