Pangalaman Membuat Blog Dari Smartphone Sampai Diterima Google AdSense.

Artikel Kali ini hanyalah sebuah cerita tentang pangalaman pribadi saya dalam dunia blogging yaitu mulai dari membuat blog dan mengisinya dengan tulisan-tulisan hingga di terima dan mendapatkan sebuah akun google adsense. Artikel ini saya tulis karena terinspirasi dari sebuah pertanyaan teman di forum IAPD (Indonesian AdSense Publisher Discussion). Pertanyaannya seperti ini "Apakah Bisa Membuat Blog Dari Hp". Nah disinilah timbul niat saya untuk menulis artikel tentang ini. Kenapa? Karena saya sendirilah contoh orang yang pada mulanya mengenal apa itu blog dan melakukan kegiatan blogging mulai dari awal hingga saat ini hanya menggunakan satu-satunya hp android yang saya miliki. Dan hal ini saya lakukan hingga saat sekarang artikel ini saya tulis dan terbit di blog ini.

Kegiatan blogging adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena dengan blogging kita dapat menulis dan menyampaikan segala ide serta pangalaman kita kepada orang lain lewat artikel-artikel yang kita publikasikan. Banyak keuntungan yang kita dapatkan melalui kegiatan blogging, salah satunya adalah kita bisa belajar untuk menulis dan berusaha untuk mengolah kata serta kalimat dengan baik agar apa yang kita sampaikan muda di pahami dan di mengerti oleh orang lain. Ini menurut saya hal yang paling susah, apalagi nice blog kita yang membahas tentang tutorial. Karena kita harus berusaha menyampaikan tips trick di artikel kita dengan bahasa yang sesederhana mungkin, agar artikel kita muda di cerna oleh pembaca. Ini tidak muda lho.. gan. Terus terang bahwa, pertama kali saya membuat sebuah blog, saya bingung apa yang harus saya tulis di blog ini. Karena pada dasarnya saya adalah orang yang malas untuk nulis yang panjang-panjang, apalagi kemampuan saya dalam olah kata boleh di bilang sangat terbatas. Tetapi saya tidak putus asa sampai disini, walaupun kemampuan olah kata saya sangat terbatas, serta alat untuk menunjang aktivitas blogging saya cuman sebuah hp android biasa, namun saya tetap semangat menjalankan aktivitas blogging hingga sekarang ini. Dan muda-mudahan akan terus berlanjut.

Terus terang kawan, bahwa ngeblog menggunakan hp android itu gampang-gampang susah. Gampang karena kita bebas menulis dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan kita, sebab android adalah sebuah perangkat yang ukurannya sangat kecil dan bebas kita bawah kemana-mana. Dan kesulitan yang saya hadapi selama ini yaitu kita tidak leluasa untuk menulis dan melakukan modifikasi terhadap template blog yang kita gunakan. Karena ukuran layar smartphone yang tergolong kecil membuat kita harus ekstra sabar untuk melakukan semuanya. Lalu apakah ngeblog lewat hp itu susah banget? Tidak juga sob! Kuncinya adalah anda harus sabar dan sabar untuk melakukannya, lama kelamaan anda akan terbiasa untuk melakukannya juga.

Pangalaman Membuat Blog Dari Smartphone Sampai Di Terima Google AdSense.
Gambar Milik Pribadi.

Tips Membuat Blog Dari Hp Atau Smartphone.

Sebelum saya lanjutkan artikel ini ke tips atau trik ngeblog menggunakan smartphone, sedikit saya lanjutkan cerita saya tentang asal mula saya mengenal dunia blogging agar teman-teman lebih bersemangat untuk melakukannya.

Awal saya mengenal dunia blogging sekitar tahun 2015. Dan pada saat itu saya tertarik membuat sebuah blog bermula dari adik saya yang mengenalkan blog buatanya ke saya lewat sebuah link yang di kirimkan melalui facebook. Terus terang bahwa pada saat itu saya penasaran dan pingin tau, bagaimana caranya membuat blog itu? Tanpa pikir panjang langsung buka browser di smartphone untuk mencari informasi tentang cara membuat blog. Dan pada akhirnya saya berhasil membuat sebuah blog, namun blog yang saya buat pada saat itu hanyalah sebuah blog yang menyajikan download musik mp3. Tetapi saya sangat bersyukur, karena dari blog itulah saya tau tentang segala hal yang berhubungan dengan blog. Membuat sebuah blog itu sangat mudah gan, tetapi mengembangkan blog agar jadi besar adalah suatu hal yang cukup sulit. Banyak faktor yang menentukan apakah sebuah blog itu berhasil atau tidak.

Nah, untuk melakukan kegiatan blogging, jika anda tertarik untuk memulainya menggunakan sebuah smartphone yang anda miliki, maka ada beberapa tips yang perlu anda ketahui. Dan ini cukup penting untuk memberikan kemudahan buat anda dalam melakukan aktivitas blogging nantinya.

▪️ Hp Atau Smartphone. 
Memulai kegiatan blogging menggunakan smartphone, tuntunya anda harus memiliki sebuah smartphone. Tidak perlu smartphone itu mahal atau tidak, intinya adalah smartphone yang anda gunakan memiliki ukuran layar yang cukup besar sehingga anda lebih leluasa untuk melakukan blogging. Disini ukuran layar smartphone yang saya sarankan adalah 5.5 Inci - 6 Inci. Jika ada yang lebih besar lagi, maka itu akan lebih baik. Seperti tablet dengan ukuran layar 7 Inci misalnya. Karena apabila ukuran layar smartphone yang anda gunakan cukup kecil, maka dapat dipastikan bahwa anda akan kesulitan. 

▪️ Browser. 
Setelah anda berhasil membuat sebuah blog, maka langkah selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan tulisan atau artikel. Nah, untuk menulis artikel diblog disini saya sarankan untuk menggunakan browser google chrome. Sebenarnya browser lain juga sah-sah saja, tetapi akan lebih baik jika menggunakan google chrome, karena browser ini memiliki tampilan mobile dan dekstop yang sangat akurat sehingga anda bisa melihat tampilan blog anda versi dekstop walaupun menggunakan sebuah smartphone.

▪️ Keyboard. 
Aktivitas blogging adalah aktivitas menulis. Untuk membuat sebuah tulisan atau artikel postingan di blog, maka kita akan membutuhkan sebuah keyboard yang baik agar semakin meningkatkan kelancaran kita dalam membuat sebuah artikel. Maka anda harus mencari keyboard yang pas untuk di gunakan. Disini saya tidak menyarankan keyboard apa yang harus anda gunakan, namun sebaiknya carilah keyboard yang benar-benar anda merasa nyaman dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.

Nah untuk lebih jelasnya, maka anda bisa membaca artikel yang pernah saya buat tentang ini, lewat link di bawah ini.
Sampai disini maka saya pikir bahwa anda sudah bisa mengambil keputusan sendiri untuk melakukan kegiatan blogging atau tidak. Karena untuk memulainya tergantung bagaimana niat dari diri kita sendiri. Artikel ini saya lanjutkan dengan cerita tentang pengalaman membuat blog dari smartphone sampai mendaftar dan di terima oleh google AdSense juga melalui smartphone.

Membuat Blog Dari Smartphone, Dan Mendaftarkan Ke Google AdSense Juga Dari Smartpone Dan Diterima. 

Mulanya mengenal dunia blogging tidak terlintas sedikitpun, kalau dengan blog kita bisa menghasilkan uang recehan. Awal  saya mengetahui tentang ini ketika saya sedang browsing di sebuah situs web untuk mencari tutorial tentang bagaimana caranya melakukan optimasi seo terhadap sebuah website atau blog. Dan di situ saya melihat ada sebuah artikel dengan topik  yang membahas tentang "Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang Dari Blog". Spontan rasa ingin tahu saya mulai timbul dan saya langsung membaca artikel tersebut. Setelah mengetahui informasi yang ada, tanpa pikir panjang saya langsung daftarkan blog yang saya buat yaitu sebuah blog mp3 ke google adsense.

Tahu apa jadinya gan? Ternyata blog yang saya ajukan di tolak mentah-mentah oleh google adsense dengan email kepada saya bahwa blog yang anda daftarkan tidak sesuai dengan kebijakan program kami. Dan itu adalah kebodohan saya pada saat itu, karena tidak membaca telebih dahulu kebijakan program dari google adsense itu sendiri. Setelah dari situ maka timbulah niat di hati saya untuk membuat sebuah blog baru, dan blog tersebut nantinya akan saya isi dengan tulisan atau artikel. Akhirnya sayapun membuat sebuah blog baru dan blog tersebut adalah blog yang ada saat ini.

Pertama kali saya membuat blog ini, saya bingung artikel apa yang seharusnya saya tulis. Tetapi oleh karena pada saat itu saya bergabung di sebuah komunitas yang membahas tentang android, maka saya pikir bahwa sebaiknya pangalaman yang ada saya himpun dan menjadikannya sebuah artikel agar bisa bermanfaat juga buat orang lain. Setelah berjalan sekitar tiga bulanan dan blog masih berisi 15 buah artikel, saya beranikan diri untuk mengajukan ke google adsense. Dan hasil yang saya dapatkan dari pengajuan pertama untuk blog ini adalah saya di tolak, dengan alasan konten tidak memadai. Saya coba perbaiki lagi semua isi artikel di blog ini, sembari menambah jumlah postingan. Dan sampai pada jumlah postingan blog mencapai 25 buah, saya coba ajukan kembali namun hasilnya masih juga nihil. Di tolak dan di tolak lagi. Waduhh, capek rasanya.

Kedua kalinya di tolak oleh google adsense, saya berhenti untuk melakukan kegiatan blogging selama kurang lebih dua minggu. Karena pada saat itu saya merasa sudah cukup lelah. Dan akhirnya saya kembali buka dasbord blogger dan di situ saya melihat bahwa trafic blog saya semakin meningkat. Disinilah semangat saya timbul kembali. Semangat bukan untuk mendaftarkan blog ke google adsense, tetapi semangat untuk mengupdate artikel kembali. Saya buat lagi artikel untuk blog ini hingga dari 25 buah bertambah menjadi 39 buah artikel. Disitu saya mulai mencoba untuk ajukan kembali ke google adsense, tetapi masih juga ditolak dengan alasan yang sama. Sudah genap tiga kali di tolak, dan saya pikir adsense mungkin bukan untuk saya. Akhirnya saya berpaling dan mencari alternatif lain selain google adsense. Pada saat itu saya mendaftarkan website saya ke Adnow dan Proppeler Ads. Setelah saya pasang kode iklan dari kedua layanan iklan tersebut, saya berfikir bahwa adanya iklan popup di blog ini akan membuat pengunjung blog terganggu. Tetapi apa mau di kata, AdSense selalu menolak untuk menerima saya jadi saya abaikan saja hal itu. Saya tetap pasang iklan tersebut di blog sampai tiga bulan lamanya.

Suatu ketika entah apa sebabnya kok saya tiba-tiba berkeinginan untuk mendaftarkan kembali blog ini ke google AdSense. Tanpa pikir panjang saya copot semua kode iklan yang ada di blog saya dan mengajukan kembali ke google AdSense. Tetapi pengajuan kali ini saya tidak menaruh harapan yang tinggi untuk di terima. Sifatnya hanya sekedar iseng-iseng saja. Selang dua hari setelah pengajuan, tanpa sengaja saya menggunakan hp milik istri untuk melihat website apakah template yang saya gunakan tampilannya responsive di semua perangkat. Dan ternyata setelah saya buka, slot-slot iklan yang mulanya hanya blank hitam, terdapat iklan-ikalan google AdSense. Hampir tidak percaya saya pada saat itu. Dengan perasaan campur aduk antara senang dan was-was, saya buka kotak masuk email di smartphone saya. Dan ternyata ada email pemberitahuan dari google AdSense, bahwa akun saya telah di setujui sepenuhnya.

Pangalaman Membuat Blog Dari Smartphone Sampai Di Terima Google AdSense.
Gambar Milik Pribadi.

Di atas itu adalah bentuk email penolakan dan di terima oleh google AdSense. Setelah mendapatkan email bahwa di terima oleh google AdSense, perasaan saya senang Dan bangga bercampur jadi satu. Senang karena saya telah memiliki sebuah akun AdSense, dan bangga karena blog ini saya bangun hanya menggunakan sebuah smartphone android sederhana. Untuk teman-teman yang hendak membuat sebuah blog menggunakan smartphone, janganlah khawatir sebab saya yakin anda pasti akan bisa melakukannya. Inti dari semuanya ini adalah anda harus sabar serta punya kemauan yang tinggi untuk melakukannya.

Demikianlah artikel tentang pangalaman saya pada awal mengenal dunia blogging dan melakukannya menggunakan sebuah smartphone sederhana hingga di terima menjadi publisher google Adsense. Mudah-,mudahan cerita singkat di artikel ini menjadi inspirasi.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Pangalaman Membuat Blog Dari Smartphone Sampai Diterima Google AdSense. "