Ternyata Belanja Online Di Lazada Itu Menyenangkan.

Artikel kali ini merupakan cerita pangalaman pribadi saya pada saat pertama kali berbelanja di online shop dalam hal ini Lazada. Tulisan seperti ini pada dasarnya tidak begitu penting namun sengaja saya buat, untuk memberikan gambaran pada teman-teman serta mematahkan mitos yang selama ini berkembang di masyarakat awam tentang sisi buruk atau dampak negatif bila melakukan belanja atau transaksi secara online di online shop. Kenapa saya katakanakan demikian, sebab segala sesuatu yang berhubungan dengan belanja adalah uang. Dan uang ini adalah hasil kerja keras seseorang, sehingga wajar dan sangat manusiawi apabila seseorang takut akan kehilangan uang dari hasil kerja kerasnya tersebut. Apalagi hasil dari kerja keras tersebut hilang sia-sia akibat di gunakan untuk berbelanja atau bertransaksi di online shop.

Kalau sampai hal seperti yang saya gambarkan diatas benar-benar terjadi, pastinya kita akan merasa sangat kecewa dan sakit hati. Jangankan orang lain, saya sendiripun pasti akan merasakan hal yang sama. Ada beberapa kasus serta alasan yang berkembang saat ini hingga banyak orang yang enggan melakukan transaksi belanja secara online. Alasan tersebut di antaranya:
• Takut akan kehilangan uang.
• Barang tidak sesuai dengan deskripsi yang ada di situs online shop.
• Barang rusak atau cacat.
• Proses verifikasi pembayaran yang rumit.
Tips Aman Belanja Online Di Lazada.
Gambar Ilustrasi.
Alasan-alasan seperti di atas, menurut saya sangat wajar sebab, saya sendiripun mulanya berpikiran dan merasakan hal yang demikian. Kenapa? Karena untuk melakukan belanja secara online, kedua belah pihak dalam hal ini antara penjual dan pembeli tidak saling bertemu. Beda halnya dengan berbelanja offline, dimana antara penjual dan pembeli sama-sama bertatap muka untuk melakukan negosiasi sampai menemukan sebuah kata sepakat, sehingga kedua belah pihak tidak ada yang saling dirugikan. Merujuk dari kenyataan yang ada sekarang bahwa, tingkat keamanan untuk berbelanja secara offline lebih terjamin dibandingkan dengan melakukan belanja secara offline. Namun untuk berbelanja secara online tidak semua yang kita lakukan itu tidak aman. Tergantung bagaimana keberanian dan kejelian kita untuk memulai.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang anda bisa gunakan untuk berbelanja online. Tips seperti ini saya sendiripun melakukannya dan berjalan sesuai dengan yang saya harapkan.

Tips Belanja Aman Di Lazada.

Seperti yang kita katahui bahwa, ada berbagai macam produk yang Di tawarkan oleh berbagai macam situs penyedia jasa jual beli online. Dan di antara produk atau barang yang ditawarkan tersebut terkadang kita sangat membutuhkannya, namun barang tersebut tidak tersedia di wilayah kita. Maka jalan satu-satunya agar kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan yaitu dengan berbelanja secara online. Hal seperti ini sama persis dengan yang saya alami baru-baru ini. Semuanya berawal ketika saya hendak membeli sebuah produk smartphone yaitu Infinix Note 4 X572, dan smartphone yang saya maksud disini tidak di jual secara offline. Karena managemen pemasaran dari pihak infinix itu sendiri hanya menjual produknya secara online, dan kebetulan pada saat itu hanya Lazada online shop yang menjualnya. Singkat cerita bahwa mau dan tidak, saya terpaksa membeli smartphone tersebut secara online.

Mengingat bahwa smartphone yang saya maksud tersebut hanya di jual secara online, maka saya menelusuri internet untuk mencari tau tentang metode pembayaran apa saja yang di sediakan oleh pihak Lazada. Dan sayapun menemukan berbagai macam metode pembayaran yang di sediakan. Di antaranya:

• COD (Cash On Delivery)
• Transfer Bank/ATM
• Pembayaran lewat Indomaret.
• Kartu kredit.

Nah, dari sekian metode pembayaran yang ada, saya tertarik untuk menggunakan metode pembayaran yang pertama yaitu COD (Cash On Delivery). Menurut saya metode pembayaran seperti ini lebih aman dan sangat mudah kita lakukan, sebab uang untuk membayar pesanan baru akan kita berikan setelah barang pesanan sampai ke tangan kita. Namun metode pembayaran seperti ini, hanya bisa berlaku untuk wilayah di pulau jawa saja. Nah, yang menjadi persoalan bahwa, posisi keberadaan saya di luar pulau jawa. Maka daerah saya tidak termasuk dalam cakupan metode pembayaran seperti ini. Akhirnya saya mencari solusi untuk tetap menggunakan metode pembayaran seperti ini walaupun keberadaan saya di luar pulau jawa. Nah, solusi atau ide seperti inilah yang akan saya bagikan disini, muda-mudahan ada yang mau mencoba.

Jika anda adalah salah satu yang ingin melakukan belanja online di lazada dan pingin menggunakan system pembayaran COD, maka anda bisa memanfaatkan keberadaan keluarga atau sanak family anda yang kebetulan saat ini berdomisili di pulau jawa. Caranya yaitu :

• Sebagai langkah awal silahkan anda telepon dan minta nomor rekening serta alamat lengkap keluarga anda di pulau jawa. Ini di maksud agar anda bisa melakukan transfer sejumlah uang sesuai dengan harga barang pesanan anda.
• Setelah uang di transfer maka silahkan download aplilasi Lazada di Playstore untuk melakukan pemesanan. Silahkan ikuti prosedur pemesanan yang ada.
• Pada saat anda mengisi formulir untuk alamat pengiriman, maka silahkan isi nama penerima yang jelas sesuai KTP yaitu nama saudara atau keluarga anda, serta alamanya juga harus jelas.
• Tulis juga nomor telepon saudara atau family anda di formulir agar bisa di hubungi pihak lazada pada saat pesanan di antar.
• Masukan juga alamat email penerima.
Catatan: Untuk alamat email, silahkan isi dengan alamat email milik anda sendiri. Tujuannya yaitu agar anda bisa melakukan tracking terhadap pesanan anda. Karena biasanya nomor pesanan di kirim lewat email oleh pihak Lazada.
• Pada formulir metode pembayaran silahkan pilih COD.

Sampai pada tahap ini maka proses pemesanan telah selesai. Silahkan pantau terus kotak masuk email anda untuk memantu proses terhadap pesanan anda. Jangan lupa untuk menghubungi keluarga atau family anda tentang pesanan anda dan minta mereka untuk menyediakan uang pas untuk membayar di saat kurir datang menghantarkan pesanan. Biasanya pesanan akan tiba sebelum estimasi waktu yang di tentukan. Setelah pesanan di terima, silahkan lakukan kesepakatan tentang proses pengiriman ke alamat tujuan anda.

Cara seperti ini memang cukup ribet, tetapi menurut saya bahwa tingkat keamanannya lebih terjamin. Bagi anda yang sering melakukan belanja secara online, mungkin untuk berbelanja secara online adalah suatu hal yang muda. Namun bagi yang belum terbiasa melakukannya, maka akan terasa sulit dan penuh dengan kekhawatiran. Nah, demikianlah postingan saya kali ini, muda-mudahan bermanfaat.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Ternyata Belanja Online Di Lazada Itu Menyenangkan."