Cara Root Dan Instal Recovery Di Vivo Y15 Tanpa PC 100% Work

Cara Root Dan Instal Custom Recovery Di Hp Vivo Y15 : itulah yang akan saya ulas di postingan kali ini. Tutorial untuk root dan pasang custom recovery di smartphone vivo y15 ini, memang sudah banyak sekali yang membagikannya di blog-blog masing-masing. Namun pengalaman saya, dari sekian banyak tutorial yang di tulis tentang ini, ada banyak juga yang tidak berhasil di saat kita mencobanya. Ini berdasarkan pangalaman saya pada saat melakukan root pada smartphone vivo y15 milik adik saya. Semua blog yang membahas tentang cara root smartphone ini, hampir saya kunjungi tetapi kebanyakan tidak membuahkan hasil sama sekali alias nihil.

Nah, singkat cerita bahwa pada akhirnya saya menemukan sebuah cara untuk meroot smartphone ini di forum facebook milik vivo y15 itu sendiri. Namun pembahasan di forum tersebut hanya berkisar pada root saja, tanpa di lanjutkan dengan pemasangan atau proses instal custom recovery di vivo y15. Untuk itu, di artikel kali ini, saya akan coba untuk menyatukan kedua cara di atas agar lebih memudahkan siapa saja yang mencari cara untuk melakukan root dan menginstal custom recovery di smartphone vivo y15 kesayangannya.

Cara Root Dan Instal Recovery Di Vivo Y15 Tanpa PC.
Gambar ilustrasi

Cara Mudah Root Dan Instal Custom Recovery Di Android Vivo Y15 Tanpa Menggunakan PC.

Untuk melakukan root pada sebuah perangkat smartphone yang berbasis android, ada dua cara yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Diantaranya yaitu dengan flash custom recovery terlebih dahulu menggunakan perangkat komputer dan setelah itu baru melakukan root. Ataukah juga root langsung dari smartphone tersebut dengan bantuan aplikasi-aplikasi root yang sengaja di buat oleh pengembang untuk mempermudah user android untuk melakukan root pada perangkatnya. Aplikasi yang saya maksud di sini seperti Kingroot, Framaroot, Towelroot, dan masih banyak aplikasi-aplikasi root lainnya.

Untuk melakukan root pada sebuah smartphone android, tentunya anda harus tau dan faham betul tentang keuntungan dan kerugian yang dapat di hasilkan darinya, serta resiko apa yang bakalan terjadi apabila kita gagal melakukan root dan gagal melakukan modifikasi terhadap system yang ada di dalam smartphone tersebut. Karena root itu sendiri kita lakukan dengan tujuan untuk membuka pintu system di android agar kita bebas melakukan modifikasi terhadap system yang ada layaknya sebagai administrator atau pengembang dari smartphone tersebut. Untuk lebih jelasnya tentang keuntungan dan kerugian dari pada root, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang membahas tentang hal ini.
Baca : Keuntungan Melakukan Root Android.
Nah, anda yang masuk ke blog ini pastinya pingin mencari cara untuk melakukan root pada android vivo y15 milik anda. Dan pastinya anda sudah paham dan tau betul tentang hal-hal yang berkaitan dengan root serta cara untuk mengatasi apabila terjadi bootlop atau error yang terjadi akibat kesalahan anda yang bermain-main dengan system yang ada di smartphone anda. 

Untuk melakukan root dan instal custom recovery di smartphone vivo y15 ini, caranya sangat mudah dan gampang sekali kita lakukan. Sebab kita hanya memanfaatkan sebuah aplikasi pihak ketiga dalam hal ini Kingoroot untuk melakukannya. Kenapa harus kingoroot bukan aplikasi yang lainnya? Karena dari aplikasi root yang ada seperti Kingroot, Framaroot, IRoot, dan lain-lain, tidak mampu meroot android vivo y15, semuanya mental alias tidak tembus. Hanya Kingorootlah yang dapat melakukannya. Untuk memulai root dan instal custom recovery di vivo y15 milik anda, maka silahkan ambil dulu bahan-bahannya di bawah ini :


Setelah kedua file aplikasi diatas anda ambil, maka langkah selanjutnya adalah kita melakukan root terlebih dahulu terhadap vivo y15. Untuk itu silahkan anda instal aplikasi Kingoroot di smartphone anda dan lakukan root. Apabila pada saat instal aplikasi dan muncul notifikasi keamanan, maka pilih tetap instal dan lanjutkan dengan tap OK. Ikuti petunjuk yang ada di dalam aplikasi tersebut untuk memulai root vivo milik anda. Usahakan pada saat melakukan root, koneksi internet ke smartphone harus stabil. Jika root berhasil maka akan ada sebuah aplikasi Super User yang terinstal di smartphone anda, aplikasi tersebut jangan di hapus, biarkan saja seperti itu. 

Untuk mengetahui proses root berhasil atau tidak maka sebaiknya download aplikasi Root Chacker di play store untuk membuktikannya. Nah apabila vivo y15 anda sudah berhasil di root dengan sempurna maka sekarang anda perlu melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu menginstal custom recovery di smartphone anda. Tahapan ini sangat penting untuk di lakukan, sebab sebuah smartphone yang telah di root namun tidak di lanjutkan dengan menginstal custom recovery, maka dapat di pastikan bahwa peluang terjadinya bootlop atau error sangat besar sekali. Dan ujung-ujungnya memaksa kita untuk melakukan flash atau proses instal ulang terhadap android kesayangan kita.

Oleh karena custom recovery ini sangat penting di android rooted khususnya, maka kita perlu menginstalnya di android kita. Sebab dengan custom recovery kita dapat melakukan banyak hal, diantaranya seperti :

• Melakukan backup terhadap stock rom.
• Untuk melakukan instal sebuah custom rom, atau file-file lainnya.
• Melakukan wipe cache.
• Membuat backup atau cadangan Nvram di android.
• Untuk melakukan restore file rom, atau file hasil backupan lainnya.

Nah, karena fungsi dari recovery ini sangat banyak dan sangat bermanfaat, maka mau dan tidak mau kita harus pasang atau instal di android kita. Untuk melakukannya di vivo y15, silahkan anda simak langkah-langkah yang saya akan saya tulis di bawah ini.

Cara Instal Custom Recovery Di Vivo Y15.

• Instal aplikasi custom recovery vivo y15 yang sudah anda download tadi di atas.

Catatan : Untuk menginstal custom recovery dari vivo y15 ini menggunakan sebuah aplikasi yaitu : [ROOT] Rashr-Flash Tool. Jadi file recovery nya sudah terintegrasi di dalamnya.

• Setelah instal buka aplikasi tersebut, jika ada notifikasi perijinan dari superuser maka ijinkan saja/ grant.
• Buka aplikasi Rashr Flash Tool nanti akan ada pesan Disclaimer dari aplikasi tersebut, maka pilih I SUPER AGREE!
• Langkah selanjutnya pilih Install Recovery Mod/Install Philz Recovery. Sesuaikan saja dengan keinginan masing-masing.
• Apabila muncul pop up notifikasi "Would You Like To Continue?" maka pilih saja OK.
• Setelah proses instalasi selesai, silahkan lakukan Reboot To Recovery untuk melihat custom recovery yang baru saja di instal tadi.

Selamat! Kini custom recovery sudah berhasil terinstal di android vivo y15 milik anda. Silahkan hapus atau uninstall aplikasi [ROOT] Rashr-Flash Tool yang anda instal tadi, ini tidak berpengaruh pada custom recovery yang barusan anda instal tadi. Atau jika anda ingin membiarkan aplikasi tersebut terinstal di android andapun tidak masalah. Semuanya kembali terserah keinginanan masing-masing. Setelah berhasil melakukan instal custom recovery di vivo y15 milik anda, saran saya bahwa sebaiknya langsung lakukan back up terhadap stock rom yang ada. Fungsi dari ini yaitu untuk berjaga-jaga apabila terjadi error pada saat melakukan modifikasi maka kita tinggal melakukan restore dan android akan kembali normal seperti semula.

Nah, sampai di sini maka proses root dan instal custom recovery di smartphone vivo y15 milik anda telah selesai. Silahkan lakukan modifikasi terhadap smartphone yang anda miliki dengan hati-hati. Tutorial yang saya tulis di dalam postingan ini telah saya coba di vivo y15 milik adik saya sendiri dan berhasil dengan baik. Lakukan semua tutorial di atas dengan hati-hati. Sampai disini dulu tulisan ini, muda-mudahan bermanfaat.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Cara Root Dan Instal Recovery Di Vivo Y15 Tanpa PC 100% Work"