Tips Aman Belanja Online

Tips Aman Belanja Online - Hai, sobat Global Tips, jumpa lagi dengan saya dan kali ini saya mencoba untuk mengulas atau membahas sebuah artikel tentang "Tips Aman Belanja Online". 

Yang namanya kegiatan berbelanja atau jual beli sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Dan ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang hampir setiap saat kita lakukan dimana saja dan kapan saja. Namun seiring dengan kemajuan teknologi yang serba modern sekarang ini, kita di beri kemudahan untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Ini semua di tandai dengan munculnya situs-situs online shopping bak jamur yang tumbuh dimana-mana. Tetapi tidak semua pengguna internet yang memanfaatkan situs-situs ini untuk berbelanja. Padahal dengan adanya situs-situs seperti ini, kita di beri kemudahan untuk melakukan transaksi kapan saja asal ada waktu  dan kesempatan yang kita miliki.

Banyaknya situs-situs online shopping, tetapi kenapa masih banyak orang yang enggan melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini di karenakan oleh faktor keamanan dan kenyamanan saat berbelanja. Untuk masalah keamanan, pihak dari online shop itu sendiri telah memberikan jaminan dan menjanjikan sebuah pelayanan yang terbaik atas segala transaksi yang dilakukan oleh setiap pembeli, termasuk prosedur retour apabila terjadi cacat pada produk di saat proses packing dan pengiriman. Namun, dari semuanya itu, masih ada juga testimoni dari pembeli yang meluapkan rasa kecewa atas pelayanan atau service dari pihak online shop yang di anggap kurang memuaskan. Inilah menjadi salah satu faktor kenapa banyak orang yang tidak mau ambil resiko untuk berbelanja secara online.

Nah, jika anda yang membaca postingan ini adalah salah seorang yang pingin melakukan belanja secara online tetapi terbentur dengan rasa was atas keamanan yang ada, maka disini saya akan coba untuk memberikan beberapa tips, agar anda bisa berbelanja secara online tanpa harus takut dengan semua hal yang akan terjadi. Seperti kehilangan uang, barang tidak sesuai dengan yang di pesan, dan lain sebagainya. Sebab segala hal yang berhubangan dengan transaksi jual beli adalah uang, dan uang itu sendiri di peroleh dari hasil kerja keras. Nah untuk memulai berbelanja secara aman di online shop, anda bisa membaca beberapa tips di bawah ini, walaupun tips ini tidak benar-benar sempurna, tapi tidak ada salahnya juga kalau kita jadikan sebagai pedoman untuk memulainya.

Tips Aman Belanja Online.
Gambar Ilustrasi

Tips Aman Belanja Segala Keperluan Secara Online.

Dibawah ini ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan jika ingin melakukan belanja secara online. Karena dengan kita jeli dalam melakukan suatu tindakan, maka akan tercipta rasa aman dan nyaman pada setiap apa yang kita lakukan. Dan tips untuk berbelanja secara online ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, agar anda tidak benar-benar kecewa apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di saat melakukan transaksi.

1. Menentukan Barang Yang Akan Di Beli.
Untuk melakukan sebuah transaksi belanja, minimal ada barang yang harus jadi target belanja kita. Nah, jika anda adalah salah seorang yang baru mulai melakukan belanja secara online, sebagai langkah awal atau percobaan, usahakan untuk cari sebuah produk yang berkualitas namun harganya tidak mahal-mahal amat. Barang tersebut berupa apa saja, tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Di sini saya kasih contoh seperti cosmetic, tas, topi dan lain sebagainya.

Dalam hal ini yang saya maksud dan perlu di garis bawahi bahwa, kita melakukan "percobaan belanja", maka kita perlu mencari barang yang murah tetapi tidak murahan. Tujuan dari point pertama ini adalah, apabila nanti pada saat pemesanan dan barang yang kita pesan tidak sesuai dengan kwalitas seperti yang di tawarkan pada website online shop tersebut. Maka kita tidak terlalu kecewa, karena pesanan kita tergolong murah dan tidak menimbulkan kerugian yang cukup banyak.



2. Pilih Tempat Belanja Atau Situs Online Shopping Yang Dapat Di Percaya.
Pada zaman sekarang ini, banyak sekali situs-situs online shop yang menawarkan barang dagangannya lewat iklan-iklan di media sosial seperti facebook, whats app, bbm, dan lain-lain. Nah, jika anda baru mau mencoba untuk berbelanja secara online atau baru pertama kali, maka anda perlu memperhatikan situs yang akan anda jadikan tempat belanja nanti. Jangan muda percaya dengan situs-situs baru yang mengiklankan dagangannya di media sosial. Di sini saya rekomedasikan situs-situs yang dapat anda gunakan untuk berbelanja dengan baik. Diantaranya :

▪️Lazada.co.id
▪️Bukalapak.com
▪️Shopee
▪️JD.ID
▪️Blibli.com
▪️Tokopedia.com
▪️Elevenia.co.id
▪️Mataharimall.com
▪️Kaskus.co.id

Diatas itu adalah kedelapan buah situs online Shopping yang menurut saya baik dan pantas untuk anda gunakan sebagai tempat untuk berbelanja segalah keperluan. Masih banyak juga situs-situs belanja online lainya, namun di sini saya cuman merekomedasikan kedelapan situs tersebut. Kenapa, karena  kedelapan situs tersebut besar dan sudah sangat terkenal saat ini.

3. Baca Kebijakan Atau Ketentuan-ketentuan Situs Online Shopping Yang Di Gunakan Untuk Berbelanja.
Sebelum memutuskan untuk berbelanja secara online, alangkah baiknya anda pelajari terlebih dahulu tentang kebijakan atau ketentuan yang berlaku pada situs online Shopping tersebut. Kenapa, karena ini sangat penting terkait dengan prosedur pemesanan, pengiriman dan retour barang yang kita beli. Tujuannya agar apabila terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan pada barang yang kita pesan, maka kita tidak bingung lagi untuk melakukan tindakan mengatasi masalah tersebut. Kebanyakan orang enggan membaca dan mempelajari segalah aturan dan ketentuan sebuah situs online, sehingga mereka panik dan bingung apabila terjadi suatu masalah. Jadi sebaiknya di pelajari terlebih dahulu.

4. Pilih Metode Pembayaran Yang Termudah Menurut Anda.
Banyak sekali sistem pembayaran yang di tawarkan oleh situs-situs online shopping. Seperti:

• COD (Cash on Delivery)
• Transfer Bank
• Pay Pal
• Kartu Kredit
• Indomaret

Nah, dari sekian metode pembayaran yang ada, usahakan untuk menggunakan metode pembayaran yang termudah menurut anda. Jika daerah anda masuk dalam cakupan sistem pembayaran cod, maka saran saya, gunakan saja metode pembayaran ini. Sebab sistem pembayaran ini memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran setelah barang yang kita pesan sampai di tujuan atau di tangan kita. Namun apabila wilayah anda tidak termasuk dalam cakupan sistem pembayaran seperti ini, maka usahakan untuk pilih metode pembayaran termudah agar anda lebih gampang melakukannya.

5. Alamat Penerima Harus Jelas.
Point kelima ini sangat penting dan perlu di perhatikan. Sebab ini adalah kunci sampai atau tidaknya barang pesanan anda. Jadi harap untuk mengisi nama dan alamat penerima yang jelas pada saat melakukan pemesanan agar barang yang anda pesan sampai tepat ketujuannya.

Kesimpulan:
Dari sekian ulasan yang ada, semuanya kembali kepada pribadi kita masing-masing. Sebab untuk melakukan sebuah transaksi jual beli secara online tergantung bagaimana mental  dan kesiapan kita untuk memulainya. Siap untuk memulai dan siap juga untuk menerima segala resiko yang terjadi. Apabila anda mau mencoba belanja secara online untuk pertama kalinya, maka anda bisa jadikan tulisan ini sebagai rujukan, walaupun isi dari tulisan ini belum sepenuhnya sempurna.

Nah, itulah beberapa tips yang coba saya bahas di artikel saya kali ini, muda-mudahan apa yang saya sampaikan ini bermanfaat dan berguna.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Tips Aman Belanja Online"