Dampak Internet Bagi Kehidupan

Pada zaman sekarang ini, semua orang hampir tidak pernah lepas dari yang namanya internet. Mulai dari orang tua, remaja, dewasa, hingga ke anak-anak, semuanya tau tentang internet. Internet pada jaman moderen ini merupakan jendela informasi yang memang patut untuk di ketahui oleh siapa saja. Dimana dulu internet merupakan jaringan yang hanya boleh di akses melalui komputer saja. Tetapi sekarang semua orang bebas mengakses internet dimana saja dan kapan saja semau dia. Hanya dengan modal sebuah smartphone, kita sudah bisa menjelajahi internet dengan leluasa.

Berbicara masalah internet, mungkin di pikiran kita yang muncul pertama adalah google. Bahkan anak-anak kecilpun tau apa itu google. Sebuah perusahaan terkemuka dan merupakan penyedia layanan pencarian terbesar di dunia, yang menyediakan berbagai macam informasi dan fasilitas untuk memudahkan siapa saja yang mencari segala informasi yang ia butuhkan.

Dan untuk berinternet kita tidak perna lepas dari semua produk dan layanan milik google. Mulai dari melakukan streaming di youtube, menyimpan segala file serta berkas-berkas penting lewat penyimpanan awan seperti google drive, menjelajahi web-web penyedia informasi serta berita-berita penting, dan masih banyak lagi layanan google lainnya, yang semuanya itu di buat untuk memudahkan siapa saja dalam menjelajahi internet.

Apa perlu internet itu.? Jawabanya, adalah sangat perlu. Karena dengan berinternet kita dapat mengetahui segala informasi dan perkembangan yang sedang terjadi saat ini, tanpa harus bersusah payah mencari koran dan majalah seperti zaman dahulu. Namun dibalik semuanya itu, internet juga membawa dampak yang begitu besar terhadap kehidupan manusia. Ada sisi positif dan sisi negatif yang dapat di hasilkan oleh internet. Tergantung bagaimana setiap orang memanfaatkan kecanggihan dari internet itu sendiri.

Nah untuk itu, dibawah ini sedikit saya paparkan beberapa dampak baik dan buruknya internet yang sering terjadi, pada zaman sekarang ini.

Manfaat Dan Kelemahan Internet Bagi Kehidupan
Gambar Ilustrasi

Dampak Positif Dan Negatif Internet Terhadap Kehidupan.

Sebenarnya tanpa saya jelaskan disinipun, mungkin anda sendiri sudah bisa tau bagaimana dampak yang dihasilkan dari kecanggihan internet itu sendiri. Yaitu dengan mengamati setiap perkembangan yang sedang terjadi saat ini. Namun di sini saya pingin kasih gambaran secara umum, tentang pengaruh-pengaruh dari kemajuan internet terhadap kehidupan masyarakat pada umumnya.

Dan maksud dari ini semua adalah, agar kita lebih berhati-hati dan mawas diri terhadap kebebasan internet saat ini, khususnya dampak negatif atau pengaruh buruk yang di hasilkan dari internet. Sebab jika kita tidak berhati-hati dengan ini semua, maka justru kita yang terbawa pengaruh negatif dari internet itu sendiri. Dan dampak negatif dari internet ini boleh di bilang sangat kuat, terutama pada anak-anak usia sekolah. Jadi butuh pengawasan extra dari kita selaku orang tua, agar putra-putri kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Sebelum kita ketahui dampak negatif dari internet, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu dampak positif yang dihasilkan dari  internet itu sendiri.

1. Dampak positif internet bagi dunia pendidikan.
Pada zaman dahulu, mungkin seorang guru atau dosen di sebuah lembaga pendidikan akan kesulitan pada saat akan memberikan sebuah mata pelajaran tertentu pada siswanya, karena keterbatasan buku paket sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar siswa. Namun hal seperti itu tidak akan terjadi lagi pada zaman sekarang ini. Sebab dengan adanya internet, guru-guru akan lebih leluasa memberikan tugas atau soal kepada siswanya, dan meminta mereka untuk mencari dan menyelesaikan semua jawaban atas soal yang di berikan melalui internet.

Dan hebatnya lagi bahwa, semua jawaban atas tugas yang di berikan oleh para guru atau pengajar di sekolah, dapat di kirim langsung oleh siswa melalui alamat email kepada sang guru yang bersangkutan. Sebab rata-rata guru pada zaman sekarang ini, semuanya memiliki alamat email sendiri-sendiri. Hal ini menurut saya lebih praktis dan efisien.

Pengaruh positif internet terhadap pendidikan ini, kalau boleh saya katakan bahwa sangat baik sekali. Sebab dengan adanya internet, seorang siswa dapat menggali tambahan ilmu lewat situs-situs penyedia informasi pendidikan. Dan biasanya setiap artikel dari situs-situs seperti ini, telah di rangkum dari berbagai sumber. Jadi akan lebih meningkatkan kekayaan pengetahuan bagi siswa. Terlebih lagi bahwa pada zaman  sekarang ini rata-rata anak sekolah memiliki smartphone, jadi mereka dapat mengakses situs-situs seperti ini dimanapun dan kapanpun mereka inginkan.

2. Dampak Positif Internet Bagi Perdagangan. 
Dulu sebelum adanya internet, seorang pedagang/UKM (Usahaha Kecil Menengah) akan kesulitan untuk memasarkan produk barang dan jasa miliknya. Sebab ruang gerak untuk pemasaran sangat sempit sekali. Tetapi sekarang, dengan adanya internet para pedagang atau pebisnis boleh bernafas legah karena setiap produk barang dan jasa miliknya, dapat di pasarkan kemana-mana melalui jalur pemasaran secara online. Dan hal seperti ini dapat dilakukan walaupun hanya berada dirumah saja. Tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi kemana-mana.

Hingga akhir-akhir ini banyak sekali kita jumpai di internet, munculnya online shop bak jamur yang tumbuh dimana-mana. Berkat adanya internet, sekarang kita tidak akan repot-repot lagi untuk membeli sebuah produk yang kita inginkan. Hanya dengan modal sebuah laptop atau smartphone, kita bisa melakukan transaksi jual beli dimanapun dan kapanpun kita kehendaki.

3. Dampak Positif Internet Untuk Komunikasi.
Dulu sebelum internet terkenal seperti sekarang ini, maka jalan yang kita tempuh agar dapat berkomunikasi dengan kerabat atau sanak saudara adalah semata-mata menggunakan SMS, atau dengan melakukan panggilan lewat telepon. Bahkan yang paling parah lagi yaitu zaman sebelum adanya heandphone. Dapat kita bayangkan bahwa sulitnya pada masa itu, sebab hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga saja, kita terpaksa harus menulis surat dan mengirimkannya lewat kantor pos. Dan balasan akan surat yang kita kirim tersebut terpaksa kita harus menunggunya berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan lamanya.

Tetapi sekarang kita boleh mengucapkan selamat tinggal untuk masa-masa seperti itu, sebab dengan adanya internet, kita lebih leluasa berkomunikasi dengan sanak family. Karena begitu banyaknya media sosial yang bermunculan saat ini. Jadi memungkinkan siapa saja untuk bergabung di media tersebut. Bahkan banyak juga yang membentuk group-group antar keluarga di media sosial. Sehingga segala perkembangan yang terjadi di antara keluaga dapat terpantau walaupun diantara kita berbeda jarak.

Setelah beberapa uraian tentang dampak atau pengaruh positif yang dihasilkan dengan adanya internet, maka dibawah ini saya akan coba uraikan tentang dampak negatif yang dihasilkan akibat adanya internet. Sebab segala hal yang baik, tentunya terselip juga sisi buruknya. Karena diantara keduaanya adalah satu mata rantai yang memang tidak dapat di pisahkan.

Dibawah ini saya akan coba uraikan beberapa dampak negatif dari internet yang sering terjadi di masyarakat saat ini.

1. Penipuan.
Selain dampak positif, internet juga mempunyai dampak buruk yang sangat luar biasa. Salah satu contoh yaitu seperti pada point pertama ini. Kenapa saya harus meletakan ini pada point pertama?, karena kasus penipuan inilah yang marak terjadi saat ini.

Dulu sebelum adanya internet, mungkin seseorang akan berpikir dua kali apabila mau melakukan tindakan kejahatan seperti penipuan ini. Sebab untuk melakukannya, minimal dia harus berhadapan langsung dengan korbanya. Tetapi sekarang dengan adanya internet, para pelaku kejahatan sudah mulai berani menggaet korbanya secara terang-terangan. Dan hal ini di lakukan secara online. Dengan dalih serta iming-iming sebuah hadiah yang menggiurkan, mereka berusaha untuk mengelabuhi setiap korbannya.

Jadi apabila anda perna mengalami kejadian seperti menerima Email atau SMS, yang mengatakan bahwa anda adalah pemenang salah satu undian tertentu, maka mohon jangan langsung di percaya akan hal itu. Sebab ujung-ujungnya nanti mereka akan meminta tebusan uang dan lain sebagainya. Dan satu lagi yang perlu juga anda ingat bahwa, sekarang ini banyak sekali situs-situs penipuan yang beredar di internet. Jadi berhati-hatilah, jangan muda percaya akan iming-iming penghasilan bulanan yang melimpah. Percayalah bahwa di dunia ini tidak ada yang instan, siapa yang pingin kaya maka di harus berusaha sekuat tenaga untuk menggapainya. Tidak harus lewat jalan pintas seperti yang di tawarkan.

2. Perj*dian.
Untuk dampak negatif dari inter yang kedua ini, mungkin saya tidak bisa mengulasnya terlalu jauh. Sebab untuk kasus ini, ada yang memang suka dan ada juga yang tidak suka sama sekali. Saya katakan ini adalah dampak negatif, karena memang saya sendiri tidak suka dengan hal ini. Namun anggapan ini akan terbalik jika yang mengulas di postingan ini adalah orang yang suka dengan hal ini.

Untuk itu, disini akan saya coba ulas ini semua sesuai dengan jati diri saya selaku orang yang tidak suka dengan hal ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa, dulu waktu internet belum begitu terkenal dan menyebar luas ke masyarakat seperti sekarang ini, perj*dian di lakukan pada tempat-tempat tertentu saja. Namun sekarang, perj*dian mulai dilakukan secara online. Ini terbukti dengan banyaknya situs-situs yang memfasilitasi untuk hal ini.

Bagi anda yang memang tidak suka dengan hal semacam ini, sebaiknya jangan sekali-kali mencobanya, karena hal semacam ini, di dalamnya juga terselip unsur penipuan seperti yang telah saya ulas di atas. Namun jika anda tertarik, maka disini saya juga tidak punya hak untuk melarang anda, sebab semuanya kembali pada pribadi kita masing-masing.

3. Por**grafi.
Pengaruh buruk yang di hasilkan dari kemajuan internet terhadap kasus yang satu ini, kalau boleh saya katakan sangat luar biasa sekali. Kenapa, karena hampir setiap hari kita lihat di televisi atau membaca dari surat kabar tentang kasus-kasus pemerkosaan yang terjadi di mana-mana.

Ini semua merupakan salah satu faktor dari kebebasan berinternet tanpa kendali. Walaupun bukan semata-mata karena internet sebagai penyebab utamanya. Ada banyak faktor sebagai pemicu untuk kasus ini. Kalau boleh saya katakan bahwa permasalahan untuk kasus seperti ini sangat kompleks. Tetapi oleh karena pembahasan ini berhubungan dengan sisi negatif dari internet, maka kita ambil contoh kasusnya sesuai dengan perkembangan internet dewasa ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa, ada milyaran konten yang dapat kita akses melalui internet. Dan konten-konten tersebut ada juga yang mendidik tetapi ada juga yang bisa mempengaruhi kita untuk melakukan tindakan kejahatan. Disini saya kasih contoh konten video dewasa misalnya. Karena internet bebas di akses oleh siapa saja maka kemungkinan anak-anak kecil juga dapat mengakses konten seperti ini. Dan hal seperti ini menurut saya, sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya pemerkosaan dimana-mana.

Kesimpulan.
Dari sekian pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa, internet akan menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat, apabila kita menggunakannya untuk tujuan kebaikan. Tetapi internet akan menjadi suatu yang tidak bermanfaat, apabila kita menggunakanya untuk tujuan yang tidak baik. Tergantung bagaimana kita memposisikan diri kita masing-masing.

Cukup sekian postingan saya kali ini, Muda-mudahan bermanfaat.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Dampak Internet Bagi Kehidupan"