Tips Membuat Blog Dari Smartphone

Postingan ini pada dasarnya saya buat untuk menjawab pertanyaan adik saya tentang "Bagaimana Membuat Dan Mengelolah Blog Dari Smartphone". Maka disini saya menjawab pertanyaan tersebut lewat tips-tips yang sengaja saya tulis di blog ini kiranya bisa bermanfaat juga buat teman-teman yang lain.

Untuk membuat sebuah blog, bukanlah suatu perkara yang sulit bahkan boleh di bilang sangat mudah. Cukup dengan modal sebuah akun google dan perangkat komputer, maka semua orang  dapat melakukannya. Namun, membuat sebuah blog melalui smartphone dan mengelolahnya menjadi besar itulah perkara yang sangat sulit dan cukup ribet. Butuh kesabaran, keuletan, ketekunan dan niat yang tulus untuk mengembangkan blog tersebut.

Saya katakan seperti itu sebab, semua ini berdasarkan pada pangalaman pribadi saya sendiri dalam membuat blog. Termasuk salah satu blog yang anda kunjungi sekarang ini. Di blog ini, semua yang saya lakukan, mulai dari membuat email, melakukan update artikel serta melakukan modifikasi template, mendaftarkan blog ke google webmaster, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan blog, semuanya saya lakukan menggunakan smartphone. Tanpa bantuan PC/Laptop sedikitpun.

Bahkan dengan menggunakan sebuah smartphone android yang hanya berukuran 5,5 inci, saya telah membuat 5 buah blog. Sungguh suatu kegilaan yang sangat luar bisa. Namun di balik kegilaan itu, saya juga bersyukur karena mendapatkan banyak pengetahuan. Mulai dari belajar untuk mendesain sebuah web blog, belajar untuk menulis artikel, dan masih banyak pengetahuan yang saya dapat dengan ngeblog. Walaupun semua tulisan saya di blog ini masih jauh dari sempurna. Sebab pada dasarnya saya ini orangnya paling malas nulis, tapi kerena blog maka saya belajar untuk menulis. Jadi saya mohon maaf jika tulisan saya di blog ini amburadul. Oke..kembali ketopik postingan.

Tips Membuat Blog Dari Smartphone.
Gambar Ilustrasi. 

Membuat Dan Mengelola Blog Dari Smartphone. 

Seperti yang kita ketahui bahwa, pada zaman sekarang ini, smartphone telah berubah fungsinya, yang pada dasarnya hanya sebagai alat untuk mengirim pesan dan membuat panggilan saja, namun kini smartphone telah berubah menjadi sebuah alat untuk mempermuda kita dalam melakukan setiap pekerjaan.

Seperti membuat tugas kuliah, membuat sebuah presentase, melakukan transaksi keuangan lewat internet atau biasa dikenal dengan internet banking, mempromosikan dagangan ke media sosial atau bisnis online, dan lain sebagainya. Ini semua karena begitu banyaknya dukungan aplikasi yang di kembangkan oleh developer pihak ketiga untuk memudahkan setiap kegiatan kita. Bahkan fungsi dan fitur dari smartphone saat ini, kalau boleh kita katakan seperti sebuah laptop mungil yang dapat kita bawah kemana-mana.

Namun di balik semuanya itu, smartphone mempunyai sisi lemah yang mungkin anda sendiri sudah tau, jika dibandingkan dengan sebuah perangkat komputer. Dalam hal ini saya kasih contoh kecil seperti keyword misalnya. Kalau pada perangkat komputer atau laptop kita dengan leluasa mengetik dan menulis dengan cepat, namun akan berbanding terbalik jika hal semacam itu kita lakukan pada sebuah smartphone. Sebab smartphone dengan layarnya yang hanya berukuran antara 5 sampai 5,5 inci, memungkinkan keyword yang kita gunakan akan menyesuaikan dengan ukuran layar pada smartphone. Kira-kira hanya separuh dari ukuran layar sepenuhnya.

Nah, dalam kaitannya dengan membuat dan mengelolah sebuah blog, maka hal seperti ini perlu kita perhatikan. Sebab apabilah kita telah berhasil membuat sebuah blog, maka langkah selanjutnya yang pasti kita akan mengisi blog tersebut dengan tulisan-tulisan atau artikel. Sebab tujuan dari seseorang membuat sebuah web blog itu sendiri adalah untuk menyampaikan pengalaman-pangalaman pribadi lewat sebuah artikel agar dapat di ketahui oleh orang banyak.

Nah bagaimana jika artikel atau tulisan-tulisan tersebut, semuanya kita lakukan menggunakan smartphone, saya pikir akan sangat ribet dan membosankan. Dan untuk membangun sebuah blog melalui smartphone, permasalahanya bukan cuman itu saja, tetapi masih banyak lagi lainnya yang akan anda temukan setelah anda membuat dan mengelola sebuah blog atau situs web melalui smartphone. Nah untuk itu, jika anda juga tertarik untuk melakukannya melalui smartphone anda, maka berikut ini saya akan kasih beberapa tips membuat dan mengelolah sebuah blog menggunakan smartphone, berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Tips Membuat Dan Mengelola Blog Dari Smartphone. 

Blog atau sebuah situs web, terbangun berdasarkan beberapa komponen penting di dalamnya. Disini saya cuman ambil dua contoh dan merupakan dasar untuk membangun sebuah web blog, diantaranya :
1. Template/Tema blog
2. Postingan atau artikel blog

Kenapa saya harus ambil dua contoh di atas? Karena itu adalah pondasi atau sebagai dasar dari sebuah situs web. Sebab tanpa itu, maka semuanya tidak akan bisa berjalan. Nah untuk memulainya melalui smartphone, yang jelas kita harus membuat dulu sebuah blog. Caranya anda bisa langsung login ke blogger menggunakan akun google yang ada pada smartphone anda, dan langsung membuatnya.

Setelah anda berhasil membuat sebuah blog, maka langkah selanjutnya yang pasti anda akan mengisi blog tersebut dengan tulisan atau artikel. Maka disini saya akan coba mengulas kedua point yang telah saya sebutkan di atas, lewat tips-tips di bawah ini sebagai rujukan agar anda lebih muda melakukannya dari smartphone anda.

1. Artikel Atau Postingan Blog.
Untuk bisa login dan membuat sebuah artikel di blog, yang jelas kita membutuhkan aplikasi pendukung seperti browser dan keyword. Kedua aplikasi tersebut memang sudah secara default tertanam di setiap smartphone. Namun karena ini kita gunakan untuk menulis sebuah artikel yang boleh di katakan sangat panjang, maka kita butuh aplikasi yang dapat memberikan kita kemudahan untuk menulis.

Di sini saran saya kalau untuk browser, sebaiknya gunakan google chrome. Dan untuk keyboard pilihlah keyword yang bagus, disini saya sarankan untuk menggunakan ai.type keyboard. Kedua aplikasi tersebut ada di play store, jadi silahkan anda download dan instal di smartphone anda. Memang banyak sekali browser yang telah dibuat oleh pengembang untuk di gunakan pada smartphone. Dan semua browser tersebut dapat kita gunakan untuk menulis artikel di blog kita. Tetapi dari sekian banyak browser yang telah saya coba, hanya google chromelah yang terbaik untuk membuat postingan.

2. Template/Tema Blog.
Pada saat pertama kali kita membuat sebuah blog, tentunya yang pertama kali kita pilih adalah sebuah template. Dan template/tema inilah sebagai wadah untuk kita bisa menampilkan isi dari postingan kita ke khalayak ramai. Namun, dari sebagian besar template/tema bawaan yang telah di sediakan oleh blogger misalnya, tidak semua orang suka. Dan kebanyakan pingin menggantinya dengan template/tema buatan para desainer template dengan berbagai alasan. Sebab yang namanya setiap orang pastinya memiliki keinginan yang berbeda-beda.

Nah, dari sekian banyak template yang telah ada, baik itu template bawaan blogger atau hasil dari desainer template. Kita selaku pengguna perlu melakukan optimasi. Agar template/tema yang kita gunakan benar-benar sesuai dengan keinginan kita. Untuk melakukan hal tersebut otomatis kita tidak perna luput dari yang namanya edit html.

Sebab sebuah template/tema, terbentuk berdasarkan susunan kode html dan java script yang ada di dalamnya. Untuk melakukannya melalui smartphone, maka kita perlu memilih browser yang tepat, agar kita lebih leluasa dalam mengedit kode html yang ada pada template tersebut. Bila dalam membuat postingan kita menggunakan browser google chrome, maka untuk melakukan edit html pada template, saya sarankan untuk menggunakan dua browser di bawah ini :

1. Boat Browser.
2. Apus Browser.

Kenapa harus memilih kedua browser diatas, sebab untuk melakukan edit html, kedua browser tersebut yang paling baik di smartphone. Yang mana, browser google chrome sendiri tidak dapat melakukannya. Dan untuk melakukan edit html pada template blog, kita tidak harus melakukannya secara langsung di blog. Tetapi kita bisa juga mengeditnya secara manual yaitu dengan memanfaatkan aplikasi android yang ada di play store. Seperti WPS Office+PDF, Es File Explorer, dan lain-lain.

Namun untuk melakukannya secara manual, butuh pemahaman lebih tentang letak dan posisi dari kode html pada template tersebut. Jadi apabila anda sudah mengerti betul dengan kode html yang ada, maka saran saya sebaiknya lakukan secara manual. Sebab ini adalah cara yang paling baik. Setelah semuanya di rasa sudah sempurna, maka tinggal download templatenya, dan anda tidak usah repot-repot melakukan pengeditan langsung di blog lagi.

Nah itulah tips tentang "Membuat Blog Dari Smartphone". Muda-mudahan bermanfaat.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Blog Dari Smartphone"